5 Tradisi Orang Jepang Yang Menakjubkan Dan Unik


Yo yo yo… mina-san! O-genki desu ka? Nah, kali ini gua akan ngebahas tentang J-Culture nih. Kali ini, gua akan ngebahas tentang 5 Tradisi Orang Jepang Yang Menyenangkan. Hmm… Sebenernya tradisi orang jepang yang menyenangkan tuh banyak banget, tapi di sini gua cuma akan ngasih tau lu 5 Tradisi doang. Mungkin gua akan bahas sisanya lain kali. Wokeehhh! Langsung aja Check This Out!
1.Wakakusa Yamayaki

Mungkin ini adalag satu-satunya festival yang menakjubkan di dunia, karena dalam festival ini gunung akan dibakar (Serius.). Wakakusa Yamayaki berasal dari nama gunung Wakakusa, yama = Gunung, yaki = bakar yang memiliki arti “Gunung Wakakusa yang dibakar”. Awal dari terbentuknya festival ini adalah dari sebuah pertikaian sengit mengenai sengketa perbatasan tanah antara dua Kuil yaitu Kofuku-ji danTodai-ji. Pertikaian itu berlangsung hingga tepatnya pada tahun 1760, lalu kemudian ada seseorang yang membakar tanah sengketa tersebut dan akhirnya terjadilah pembakaran gunung pada waktu itu.

Setelah insiden tersebut masyarakat sekitar di Nara dan kumpulan pendeta Todaiji, Kofukuji maupun kuil Kasuga memperingatinya dengan mengadakanWakakusa Yamayaki Matsuri. Tentu saja yang dibakar kali ini bukanlah gunungnya, akan tetapi rumput kering yang dikumpulkan di tempat sengketa tanah tersebut lalu dibakar dalam waktu yang bersamaan. Festival ini diadakan pada setiap tanggal 24 Januari pada tiap tahunnya, namun sewaktu-waktu dapat ditunda jika terjadi hujan. Agar menarik wisatawan lokal maupun luar negeri, masyarakat Nara juga mempersembahkan kembang api yang disulut bersamaan dengan pembakaran gunung wakakusa. Pembakaran akan dilakukan sekitar pukul 18:00, hampir semua wilayah Nara dapat melihat festival ini, namun ada spot yang paling bagus untuk melihat pemandangan matsuri ini, yaitu tepat dari Kaki Gunung Wakakusa.
2.Dondo Yaki

Dondo Yaki adalah tradisi membakar barang-barang seperti Omikuji di Kuil Shinto pada bulan Januari. Ini dianggap sebagai cara terbaik untuk membuang barang-barang dari pada membuangnya di tempat sampah, sebaliknya mereka harus dibakar.
3.Setsubun

Setsubun adalah hari libur Jepang yang dirayakan pada malam sebelum musim semi menurut kalender Jepang. Pada hari tersebut orang Jepang percaya bahwa dunia roh dan dunia kita akan saling berdekatan dan setan-setan akan muncul. Saat Setsubun, orang tua di seluruh Jepang memakai masker oni (Iblis) dan mencoba untuk menakut-nakuti anak-anak mereka. Nah, nantinya si Anak-anak itu akan melempari Oni tersebut dengan kacang kedelai kering untuk mengusirnya.
4.Zabuton

Dalam pertandingan Sumo, biasanya disiapkan bantal zabuton di bawah tempat duduk penonton. Ini merupakan tradisi dimana penonton dapat melemparkan bantal itu jika kecewa dengan hasil pertandingan Sumo tersebut.
5.Melempar Garam Saat Pertandingan Sumo

Ketika penggulat Sumo masuk ke arena pertandingan, mereka akan melempar garam ke udara sebelum mulai bergulat. Pegulat-pegulat tersebut melempar garam dengan cara yang dramatis jadi kesannya greget gimana gitu. Tradisi ini terkait dengan ritual yang dikenal sebagai Hara yang digunakan untuk menyucikan Kuil Shinto. Meskipun sering diterjemahkan “pemurnian”, Hara diyakini bisa mengusir roh jahat.
Itulah 5 Tradisi Orang Jepang Yang Menakjubkan dan Unik. Semoga lu enjoy n bisa nambah pengetahuan lu tentang Jepang. Sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, Bye!

Leave a Reply