5 Tradisi Tahun Baru Di Jepang [ BAGIAN 3 END ]


Yoo… mina-san! O-genki desu ka? Lanjut Bagian 3! Buat yang ketinggalan Bagian 1 dan Bagian 2 silahkan baca terlebih dahulu. Kayaknya gak usah panjang lebar lagi ya, langsung aja Check This Out!
1.Beli "Omamori" Biar Dapet Nasib Baik ( 1 – 7 Januari )

Omamori adalah jimat yang bentuknya macem-macem, yang sering banget dijumpain itu kayak amplop hias kecil (kalo dibuka keampuhannya bakal berkurang!), tapi juga ada yang dalam bentuk anak panah untuk menumpas setan ("Hamaya"). Jangan pernah ngebakar jimat atau mantra! Kalo lu pengen ngebuangnya, taruh aja di sebuah kuil buat dibakar pas ada upacara resmi. Fungsi jimatnya juga macem-macem dari ngusir roh jahat lah, biar dapet jodoh lah, keungan biar lancar lah, dan lain lain.
2.Ngasih Salam Tempel Buat Bocah ( 1 – 7 Januari )

Otoshidama, amplop-amplop kecil berpola yang isinya duit. Para bocah biasanya dapet otoshidama dari orang tua dan anggota keluarga lainnya, seiring sama bertambahnya usia si bocah bertambah juga isi amplopnya (semua anak dalam satu keluarga biasanya nerima jumlah yang sama biar gak ada yang ngerasa dianaktirikan).
3.Maen Permainan Tradisional ( 1 – 3 Januari )

Permainan yang populer banget antara lain permainan tradisional seperti "Hanetsuki", yaitu permainan mirip bulu tangkis tapi raketnya dari kayu, maen gasing, layangan, ataupun "Karuta", permainan kartu kuno. Hal ini dilakuin buat nikmatin kebersamaan atau sekedar ngabisin waktu liburan.
4.Nonton Barongsai Tradisional ( 1 – 3 Januari )

Barongsai, atau dalam bahasa Jepang disebut "Shishimai", awal dikenalin ke Jepang pas lagi masa dinasti Tang, tapi sejak saat itu diserap dan jadi bagian budaya, barongsai Jepang punya perbedaan gaya di masing-masing wilayah. Barongsai itu emang nyeremin, tapi kalo doi lagi bercanda contohnya "Memakan" kepala bocah, maka si korban tersebut akan dapet kesehatan yang baik selama satu tahun penuh.
5.Nunggu Mimpi Pertama di Tahun yang Baru

Ini dia yang kelima sekaligus penutup pembahasan gua tentang tradisi orang jepang kalo lagi tahun baruan. Masyarakat Jepang ngasih tekanan penting buat mimpi pertama yang mereka alamin di tahun yang baru. Maksud mimpi disini adalah mimpi yang lu alamin pas malem tanggal 1 atau 2 Januari (karena orang-orang biasanya gak tidur malem sebelumnya). Banyak orang percaya kalo mimpi tersebut bakal ngeramal keberuntungan lu sepanjang tahun. Contohnya kalo lu ngeliat gunung Fuji, burung elang, atau terong di mimpi lu, itu tandanya lu bakal dapet keberuntungan yang besar banget!
Woooaaahhh akhirnya selese juga ya artikel yang sampe 3 bagian ini. Kalo seadainya lu mau protes, ngasih masukan, atau sekedar curat coret, lu bisa langsung aja komen di bawah! Semoga lu enjoy n bisa nambah pengetahuan lu tentang Jepang. Sekian dari gua sorry kalo ada salah-salah kata, sekali lagi gua ucapin, akemashite omedetou! bye-bye!

Leave a Reply